A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/ilasikco/public_html/system/core/Exceptions.php:185)

Filename: libraries/Session.php

Line Number: 672

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/ilasikco/public_html/system/core/Exceptions.php:185)

Filename: controllers/pages.php

Line Number: 8

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/ilasikco/public_html/system/core/Exceptions.php:185)

Filename: controllers/pages.php

Line Number: 8

FAQ iLasik | FAQ Lasik Mata | Lasik Mata Jakarta

FAQ

1. Kelainan penglihatan mata itu apa saja?

Kelainan refraksi pada dasarnya ada 4 macam yaitu:
  • Myopia, rabun jauh, disebabkan kelonjongan bola mata yang lebih panjang dari normal, biasanya dibantu dgn kaca mata minus
  • Hypermetropia, rabun dekat, disebabkan kelonjongan bola mata yang lebih pendek dari normal, yang dibantu dengan kaca mata plus
  • Astigmatisme, silinder, disebabkan permukaan kornea yang tidak sama, dibantu kaca mata silinder
  • Presbyopia, rabun tua, disebabkan oleh berkurangnya daya akomodasi lensa mata karena faktor usia di atas umur 40 tahun, dibantu kaca mata plus.

2. Apa itu LASIK, iLASIK™ dan High Definition iLASIK™?

LASIK adalah singkatan Laser Assisted in Situ Keratomileusis. Pada dasarnya LASIK bertujuan menghilangkan minus, plus, silinder dengan cara merubah kelengkungan kornea menggunakan laser. Tapi, dalam proses LASIK konvensional, masih menggunakan pisau bedah dalam salah satu tahapnya. (Source:FDA)

iLASIK™ adalah jenis teknologi LASIK yang sama sekali bladeles, dalam arti tidak menggunakan pisau bedah apapun dan hanya menggunakan laser (Source:FDA ). Sebagai hasilnya, tingkat presisi dan akurasi yang dinikmati pasien jauh lebih tinggi dibandingkan LASIK konvensional. iLASIK menggunakan gabungan kedua mesin IFS™ Advanced Femtosecond Laser dan VisX Excimer Laser. Hanya gabungan kedua mesin ini saja yang dapat disebut iLASIK™ (Source: Abbott Medical Optics).

High Definition iLASIK™, adalah iLASIK™ yang didukung dengan teknologi terbaru, iDesign™. Teknologi yang menggunakan sensor High Definiton, sehingga akan memberikan tajam penglihatan yang semakin menakjubkan.

3. High Definition iLASIK™ itu bisa menghilangkan minus, silinder dan plus sampai dengan ukuran berapa?

Dengan mesin VisX Excimer Laser, kelainan refraksi yang dapat dihilangkan adalah maksimal Minus -12D, Plus +8D, silinder -/+6D. Namun, kemungkinan untuk melakukan prosedur High Definition iLASIK™ sangat tergantung pada ketebalan kornea mata setiap pasien.

4. Apa keistimewaan High Definition iLASIK™ dibandingkan LASIK biasa?

High Definition iLASIK™ adalah teknologi LASIK terbaru yang menggunakan teknologi IFS Advanced Femtosecond Laser untuk pembuatan flap dan VisX Excimer Laser untuk menghilangkan minus dan silinder, serta teknologi iDesign™ yang akan membuat profile High Definition - 3D mata Anda. Hanya gabungan ketiga teknologi ini saja yang dapat disebut High Definition iLASIK™. Keseluruhan prosedur menggunakan laser, tanpa pisau bedah sama sekali (bladeless).

Keunggulan teknologi High Definition iLASIK™ dibanding teknologi LASIK yang lain :
  1. Menghasilkan gambar visual mata Anda secara 3D High-Definition, dengan sangat detail dan personal. Teknologi ini menganalisa dengan cara membandingkan pola cahaya yang lewat di masing-masing mata Anda, dengan pola cahaya yang sama yang lewat di mata yang sempurna/normal. Informasi ini akan sangat membantu Dokter Anda dalam melakukan koreksi tajam penglihatan mata Anda secara lebih akurat dan personal.
  2. Mampu menangkap data 5 kali lebih banyak dibandingkan metode lainnya.
  3. Mampu mengukur ketidaksempurnaan yang terjadi di mata Anda, 25 kali lebih akurat dibandingkan metode lainnya.
  4. Memberikan informasi lengkap untuk Dokter Anda, tidak hanya informasi tentang permukaan kornea saja, tetapi juga sampai ke bagaimana mata Anda dalam memproses cahaya.
  5. Menggunakan teknologi yang sama dengan yang digunakan teleskop canggih untuk mengurangi distorsi saat melihat obyek di luar angkasa

Keunggulan lainnya dari teknologi High Definition iLASIK™ :
  1. Karena dilakukan dengan sinar laser yang dikontrol 100% oleh komputer, maka menghasilkan flap dengan presisi yang sangat tinggi dengan tingkat keakuratan yang sangat luar biasa.
  2. Pembuatan flap jauh lebih cepat, hanya 10 detik, dibandingkan teknologi femtosecond laser lainnya yang memerlukan waktu 30 - 40 detik.
  3. Flap lebih licin dan halus.
  4. Flap memiliki ketebalan yang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan dan rata pada semua bidang flap yang dibuat.
  5. Flap dapat dibuat lebih tipis 2-4. Sehingga pasien yang tadinya tidak bisa di-LASIK karena korneanya tipis, sekarang memiliki kesempatan untuk menjalani prosedur ini.
  6. Mempunyai daya rekat lebih baik, sehingga proses penyembuhan jauh lebih cepat 2-4
  7. Lebih stabil karena memiliki bentuk "potongan" yang khusus 2-4
  8. Memiliki risiko komplikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan memakai pisau elektrik (Mikrokeratom) 2-4
  9. Mengurangi risiko terjadinya HOA (High Order Aberrations)
  10. Risiko mata kering juga jauh lebih berkurang 2-4

5. Prosedur High Definition iLASIK™ itu seperti apa?

  • Pertama, akan dibuat profile High Definition - 3D mata Anda
  • Kedua, akan dibuat “flap” kecil pada kornea mata dengan mesin IFS™ Advanced Femtosecond Laser.
  • Ketiga, permukaan kornea Anda akan dibentuk dengan menggunakan excimer laser dari mesin VisX Excimer Laser. Setelah itu, flap ditutup kembali.

6. Prosedur High Definition iLASIK™ memakan waktu berapa lama di ruang operasinya ?

Apabila semua berjalan normal, 20 menit dari sejak masuk sampai dengan keluar ruang operasi. Ada dua tahap pengerjaannya :
  1. Pembuatan flap: 10 - 14 detik dengan IFS™ Advanced Femtosecond Laser
  2. Pembentukan ulang lengkung kornea dengan aplikasi laser: lamanya prosedur ini tergantung pada besarnya minus atau silinder yang harus dikoreksi

7. Syarat apa saja yang harus saya penuhi sebelum menjalani Prosedur High Definition iLASIK™?

Pemeriksaan pra-High Definition iLASIK™ KMN sangat berhati-hati dan apabila pasien bukan calon LASIK, dokter tidak akan melanjutkan. Berikut adalah beberapa syarat pasien dapat melakukan prosedur High Definition iLASIK™:
  • Pasien harus berusia 18 tahun atau lebih
  • Kondisi mata sehat
  • Memiliki penglihatan stabil (ukuran kacamata dalam 6 bulan s/d 1 tahun terakhir stabil)
  • Tidak sedang menyusui atau hamil
  • Tidak menderita diabetes atau gula darah tidak terkontrol
  • Kalau menggunakan soft lens lepas minimal 2 minggu
  • Kalau menggunakan hard lens lepas minimal 3 minggu

8. Saya baru habis melahirkan dan menyusui. Harus tunggu berapa lama sebelum dapat melakukan prosedur High Definition iLASIK™?

Pada prinsipnya tindakan High Definition iLASIK™, baru bisa dilakukan setelah hormon tubuh kita stabil. Pada Ibu yang telah melahirkan ini diukur dari apabila dia telah haid tiga kali berturut- turut.

9. Dok, High Definition iLASIK™ itu bahaya atau tidak? Berapa presentase kegagalannya?

Prosedur LASIK telah mendapatkan ijin dari Food and Drug Association Amerika Serikat sejak tahun 1998, jadi tingkat keamanan prosedur ini sangat tinggi. Selain itu, iLASIK memiliki kelebihan di atas prosedur LASIK konvensional, sebagai satu-satunya prosedur LASIK yang disetujui oleh NASA dan Angkatan Laut Amerika untuk dijalankan oleh awaknya. Jadi, High Definition iLASIK™ sangat aman.

Sebelum prosedur High Definition iLASIK™ dilakukan, pemeriksaan yang lengkap akan dilakukan untuk memastikan pasien tersebut tidak memiliki kondisi yang tidak memungkinkan untuk menjalani prosedur. Selama pasien memenuhi semua persyaratan, maka pasien tersebut aman untuk menjalani prosedur ini.

Pasien minus tinggi harus waspada terhadap resiko robek dan lepasnya retina. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja sebagai akibat dari tipisnya retina mereka dan bukan karena prosedur High Definition iLASIK™. Karena itu salah satu pemeriksaan pra-High Definition iLASIK™ adalah kondisi retina. Apabila dinilai retinanya kurang kuat maka akan dilakukan laser retina terlebih dahulu untuk memperkuat bagian retina yang tipis.

Gagal dalam arti buta, tidak pernah terjadi selama KMN menjalani prosedur High Definition iLASIK™. Prosedur ini telah mendapatkan perijinan dari lembaga FDA sendiri. Hanya kurang dari lima persen (5%), dari pasien mengalami undercorection, dan biasanya pada pasien minus tinggi. Pasien yang mengalami ini dapat menjalani retreatment biasanya setelah 3 bulan apabila ketebalan kornea mencukupi. Dua persen (2%) dari pasien iLASIK mengalami over-atau under-correction yang tidak dapat dikoreksi kembali oleh karena ketebalan kornea yang tidak mencukupi.

10. Dok, menjalani prosedur High Definition iLASIK™ itu sakit atau tidak?

Prosedur High Definition iLASIK™ tentu saja tidak menyebabkan rasa sakit. Sebelum tindakan Anda akan diberikan anestesi topikal berupa tetes mata. Tidak ada suntikan sama sekali juga tidak memerlukan bius umum. Anda akan sadar selama seluruh prosedur dijalankan.

11. Apakah prosedur High Definition iLASIK™ bisa dilakukan pada 1 mata dulu?

Prosedur High Definition iLASIK™ bisa saja dilakukan pada satu mata terlebih dahulu, tapi risiko yang ditanggung pasien adalah satu mata sudah mengalami koreksi penglihatan sedangkan mata yang satu lagi masih memiliki kelainan penglihatan. Sebagai akibatnya pasien dapat mengalami rasa pusing atau kurang nyaman.

Oleh karena itu sangat disarankan supaya dilakukan langsung pada dua mata sekaligus sehingga pasien cepat merasa nyaman dan beradaptasi dengan keadaan matanya yang baru. Tetapi, pilihan tetap kami serahkan kepada pasien.

12. Kalau menjalani prosedur High Definition iLASIK™, saya harus cuti berapa lama?

Pada prinsipnya Anda tidak perlu cuti khusus setelah menjalani prosedur ini. Kedua mata tidak diperban/ditutup setelah tindakan dan pasien dapat segera menggunakan kedua matanya seperti biasa. Pasien dapat melakukan pekerjaan kantoran seperti biasa. Yang perlu diingat adalah pasien perlu kontrol keesokan harinya saja, tapi tidak perlu cuti.

13. Apa saja yang harus diperhatikan setelah melakukan prosedur High Definition iLASIK™?

Pada prinsipnya mata Anda perlu digunakan untuk melihat sesegera mungkin untuk mempercepat adaptasi terhadap penglihatan baru Anda. Tapi, ingat:
  • Jangan mengucek mata
  • Jangan kena air di bagian mata
  • Jangan bermake up di sekitar mata

KMN akan memberikan daftar hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan hingga 2 minggu ke depan. Anda tinggal mengikuti arahan yang tertulis pada daftar tersebut

14. Berapa lama sesudah prosedur High Definition iLASIK™, saya akan melihat jelas tanpa kacamata?

Ini sangat subyektif dan tergantung pada keadaan pasien masing-masing, akan tetapi pada umumnya:
  • Sekitar 2-3 jam pertama setelah prosedur High Definition iLASIK™, penglihatan akan sedikit berkabut dan kurang nyaman
  • Dalam waktu 24 jam, pasien sudah menikmati tajam penglihatan yang jauh lebih baik daripada saat dia berkacamata, tapi masih merasakan efek samping seperti silau
  • Minggu pertama semakin jelas tapi masih sedikit kurang stabil
  • Minggu kedua dan selanjutnya penglihatan akan semakin jelas sampai pasien dapat menikmati penglihatan bebas tanpa kacamata

15. Efek samping prosedur High Definition iLASIK™ itu apa?

Efek samping prosedur ini berbeda-beda untuk setiap orang, tapi yang biasa dialami oleh pasien adalah:
  • Rasa berpasir
  • Rasa silau
  • Rasa kering
  • Tajam penglihatan yang berfluktuasi

Semua efek samping ini biasanya bersifat sementara dan akan berangsur-angsur hilang dalam beberapa hari atau beberapa minggu/bulan setelah prosedur High Deifinition iLASIK™ (berbeda-beda untuk setiap orang).

16. Persiapan apa saja yang harus saya lakukan sehari sebelum prosedur High Definition iLASIK™? Perlu puasa atau tidak?

Pasien tidak perlu puasa. Pada prinsipnya, pengukuran pra-prosedur High Definition iLASIK™ dan prosedur high Definition iLASIK™ sendiri, perlu dilakukan di saat mata Anda berada pada kondisi sealami mungkin. Hal ini tidak akan tercapai apabila mata Anda lelah atau digunakan untuk membaca atau melihat gadget. Karena itu:
  • Pada malam hari sebelum melakukan prosedur High Definition iLASIK™, istirahatkan mata Anda yang cukup
  • Jangan terlalu banyak membaca karena pada saat membaca mata kita akan berakomodasi sehingga pengukuran pra-High Definition iLASIK™ bisa jadi tidak akurat
  • Jangan banyak melihat alat elektronik (smartphone, komputer, dll)


Selain itu, pada hari dilakukannya prosedur High Definition iLASIK™:

  • Bagi wanita jangan gunakan make up mata
  • Bagi wanita dan pria hangan pakai parfum karena bisa mempengaruhi sinar lasernya
  • Lebih baik bawa pendamping dan siapkan transportasi pulang, karena mungkin pasien akan merasa kurang nyaman apabila pulang dengan menyetir sendiri setelah iLASIK™.

17. Kenapa sih, harus lepas kontak lens berminggu-minggu sebelum prosedur High Definition iLASIK™?

Lensa kontak diletakkan pada kornea mata, sehingga akan mengakibatkan perubahan kelengkungan kornea, biasanya sekitar 30 mikron. Padahal prosedur High Definition iLASIK™ perlu dilakukan pada keadaan kornea pasien yang sealami mungkin. Hal ini dilakukan agar memperoleh hasil yang paling tepat bagi pasien. Oleh karena itu pengguna soft lens perlu melepas lensa kontak selama 2 minggu sebelum prosedur dilakukan, sedangkan pengguna lensa RGP atau hard lens harus melepas selama 3 minggu.

18. Prosedur High Definition iLASIK™ itu pakai suntikan tidak?

Tidak ada suntikan sama sekali pada prosedur ini. Pasien hanya diberikan tetes mata penghilang rasa sakit.

19. Pemeriksaan apa saja yang diperlukan sebelum menjalani prosedur High Definition iLASIK™?

Ada 9 pemeriksaan pra-prosedur :
  1. Refraksi subyektif dan obyektif
  2. Tekanan bola mata
  3. Wavescan
  4. Corneal topography
  5. Kualitas dan produksi air mata
  6. Ketebalan kornea
  7. Specular microscope
  8. Tes laboratorium
  9. Pemeriksaan fisik mata

20. Setelah menjalani prosedur High Definition iLASIK™, mungkin tidak minusnya kembali lagi?

Semua prosedur LASIK bertujuan untuk menghilangkan minus atau kelainan refraksi yang ada saat itu, jadi bukan menghentikan kelainan refraksi di kemudian hari. Karena itu salah satu syarat High Definition iLASIK™ yang harus dipenuhi adalah pasien harus berumur 18 tahun atau lebih, sebab pada umumnya ukuran kaca mata seseorang kurang lebih sudah stabil pada usia tersebut. Bila kondisi mata pasien belum stabil, minus masih bisa muncul beberapa tahun setelah prosedur High Definition iLASIK™, tapi biasanya tidak terlalu banyak. Apabila ketebalan kornea masih cukup, masih bisa dilakukan prosedur LASIK lagi.

21. Setelah prosedur High Definition iLASIK™ apakah saya bisa langsung beraktivitas?

Pada dasarnya tidak ada pantangan untuk beraktivitas, dan mata Anda harus digunakan untuk melihat secepatnya, karena dengan demikian masa adaptasi mata Anda akan semakin cepat. Apabila Anda bekerja di depan komputer, bisa kembali bekerja secepatnya, tapi perlu mengistirahatkan mata setiap 30 menit. Hindari tempat berdebu, jangan berolahraga secara ekstrim, jangan mengucek mata, jangan berenang, atau menggunakan make up selama dua minggu. Apabila mata Anda terkena trauma atau ada benda asing seperti butiran make up, air, debu yang masuk ke mata dan menyebabkan Anda untuk mengucek mata, maka terdapat risiko flap akan bergeser dan pemulihan Anda akan terganggu

22. Berapa lama proses pemulihan setelah menjalani prosedur High Definition iLASIK™?

Ini sangat subyektif dan tergantung keadaan pasien masing-masing, akan tetapi pada umumnya:
  • Sekitar 2-3 jam pertama setelah High Definition iLASIK™ penglihatan akan sedikit berkabut dan kurang nyaman
  • Dalam waktu 24 jam, pasien sudah menikmati tajam penglihatan yang jauh lebih baik daripada di saat dia berkacamata, tapi masih merasakan efek samping seperti silau
  • Minggu pertama semakin jelas tapi masih sedikit kurang stabil
  • Minggu kedua dan selanjutnya penglihatan akan semakin jelas sampai pasien dapat menikmati penglihatan bebas tanpa kacamata

23. High Definition iLASIK™ bisa menghilangkan plus tidak?

Mata plus ada dua macam:
  • Hypermetropia atau rabun dekat, yang disebabkan kelonjongan bola mata yang terlalu pendek. Ini dapat dikoreksi dengan prosedur High Definition iLASIK™.
  • Presbyopia atau rabun tua yang disebabkan oleh berkurangnya daya akomodasi lensa mata karena faktor usia di atas umur 40 tahun. Untuk Presbyopia saat ini Food and Drug Association AS masih belum memberikan approval, jadi kami di KMN masih belum menawarkan LASIK untuk Presbyopia.

24. Setelah prosedur High Definition iLASIK™, pemeriksaan apa saja yang diperlukan?
Pemeriksaan setelah prosedur dijalankan, dilakukan pada 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan.
Pemeriksaan ini mencakup:

  • Pemeriksaan tajam penglihatan untuk memantau kemajuan setelah tindakan
  • Pemeriksaan kondisi kornea untuk memastikan posisi flap yang masih tetap pada posisi yang seharusnya, kejernihan kornea, dan memastikan tidak ada peradangan yang berlebihan
Tentang ilasik | Lasik Jakarta | Lasik Mata
Harga ilasik | Biaya Lasik Mata | Harga Operasi Lasik
Dokter ilasik | Lasik Mata | Biaya Operasi Lasik
Jadwal Dokter ilasik | Lasik Mata | Operasi Lasik
Video ilasik | Lasik Mata | Harga Operasi Lasik
Promosi ilasik | Lasik Mata | Operasi Lasik